Aplikasi Komputer | Microsoft Excel 2007
a. Pembuatan Lembar dengan Excel
- Cara 1 :
1. Menggunakan tombol shortcut yaitu menggunakan tombol Ctrl + N
2. Dan akan muncul lembar kerja kosong ( Blank )
- Cara 2
1. Klik Menu pada pojok kanan atas pada Microsoft Excel 2007
2. Lalu Klik New
3. Dan akan muncul lembar kerja kosong ( Blank )
Berikut tampilang Microsoft Excel 2007 saat masih kosong (Blank)
Berikut tampilang Microsoft Excel 2007 saat masih kosong (Blank)
b. Penggunaan Fungsi Statistika
Penggunaan Fungsi Statistika biasa digunakan untuk penjumlahan, pengurangan, pengalian, menghitung jumlah data, pembagian, dan sebagainya. Berikut saya jelaskan beberapa Fungsi Statistika yang biasa digunakan oleh banyak orang di Microsoft Excel 2007 :
- =SUM Untuk menghitung penjumlahan
- =MAX Untuk mencari nilai tertinggi dikumpulan data
- =MIN Untuk mencari nilai terendah dikumpulan data
- =AVERAGE Untuk mencari nilai terendah dikumpulan data
- =COUNT Untuk mencari jumlah data dikumpulan data
- =IF Untuk mencari data Jika ( contoh ada dibawah)
- =LEFT Untuk mengambil data sampel dari kiri
- =RIGHT Untuk mengambil data sampel dari kanan
- =MID Untuk mengambil data sampe dari tengah melalui seleksi yang telah ditentukan
c. Penggunaan Fungsi IF
Pada Microsoft Excel
2007, Fungsi IF merupakan fungsi dasar yang digunakan untuk mendapatkan nilai
berdasarkan kondisi tertentu. Fungsi IF disebut Fungsi keputusan, dimana kita
membuat aturan yang akan mengambil keputusan pengambilan nilai yang berbeda
dari input yang kita masukan. Contoh penggunaan akan saya berikan dibawah artikel ini.